Apa Itu SOP? dan Apa Fungsinya?


Mungkin masih ada yang bingung nih tentang apa itu SOP, iya SOP sendiri memang merupakan salah satu perangkat yang tentu akan kita temui di berbagai perusahaan besar. Pasalnya SOP sendiri menjadi salah satu dokumen yang sangat penting untuk mensukseskan sebuah pekerjaan. Hadirnya SOP dapat memberikan pengarahan serta wawasan yang nantinya dapat membantu setiap unit dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.
SOP merupakan singkatan dari Standar Operasional Prosedur yang mana pada umumnya berbentuk sebuah dokumen yang di dalamnya memuat berbagai informasi tentang pekerjaan serta tata cara menyelesaikan sebuah pekerjaan mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. SOP dapat berfungsi sebagai pedoman atau sebagai petunjuk kepada para pekerja untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dengan lebih efektif dan efisien.
Setiap perusahaan pada ummnya memiliki SOP untuk menjalankan setiap unit ada perusahaan tersebut karena dengan SOP dapat memudahkan dan menertibkan pekerjaan. Nah SOP memiliki fungsi penting dalam perjalanan sebuah perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut:
1.    SOP merupakan pedoman yang berfungsi untuk memperlancar kinerja para petugas atau pekerja.
2.    SOP juga berfungsi untuk mengetahui dengan jelas hambatan-hambatan apa saja yang muncul. Sebab dengan SOP maka ketika ada hambatan yang muncul akan segera mudah untuk dilacak.
3.    SOP sebagai pedoman untuk mengarahkan tugas yang harus dikerjakan oleh pegawai.
4.    Sebagai pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan secara rutin.
Selain fungsinya tersebut, SOP juga memiliki manfaat yang diantaranya adalah sebagai standarisasi cara yang harus dilaksanakan oleh pegawai untuk menyelesaikan pekerjaannya serta dapat mengurangi kesalahan maupun kelalaian yang dilakukan oleh pekerja. Selain itu SOP juga memiliki fungsi sebagai pedoman yang dapat membantu pekerja untuk lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi dari atasan, karena sudah memegang pedoman yang disebut dengan SOP.
Adanya SOP juga dapat meningkatkan akuntabilitas yakni dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas. SOP juga membantu perusahaan dalam menciptakan bahan-bahan training yang nantinya dapat membantu pegawai baru guna melakukan tugasnya dengan cepat.  SOP memuat tentang berbagai informasi dan tahapan-tahapan kerja yang dapat mengarahkan para pekerja untuk bekerja dengan lebih efisien.
SOP juga dapat membantu menjadi pedoman bagi setiap pekerja di setiap unit dalam melaksanakan pekerjaannya setiap hari. Adanya SOP yang di dalamnya juga sudah memuat tentang apa pekerjaan yang harus dilakukan dan siapa yang harus melakukan tentunya dapat menghindari adanya tumpang tindih pelaksanaan tugas antar setiap unit pekerja. Apabila terdapat kesalahan-kesahalahan prosedural, SOP juga dapat dijadikan sebagai alat untuk menelusuri kesalahan-kesalahan prosedural dalam pelaksanaan pekerjaan.
Dalam pembuatan SOP tentunya juga harus memperhatikan prinsip-prinsip tertentu. Nah dalam penyusunan SOP tentunya harus memenuhi prinsip-prinsip diantaranya yaitu kemudahan serta kejelasan, keselarasan, efisiensi dan efektivitas, keterukuran yang dinamis, kepatuhan hukum, kepastian hukum, serta berorientasi pada pengguna. Prinsip SOP juga harus dilaksanakan secara konsisten dari waktu ke waktu, dilakukan oleh siapaun serta dalam kondisi apapun.
Kemudian prinsip SOP juga harus dilaksanakan dengan komitmen secara penuh dari setiap jajaran pekerja mulai dari level tertinggi maupun level terendah. Selain itu juga harus diadakan perbaikan secara berkelanjutan dan harus adanya penyempurnaan-penyempurnaan sehingga nantinya dapat memberikan hasil yang maksimal. Nah sekarang sudah tau kan apa itu SOP? Iya sebuah dokumen yang berisi tentang informasi maupun pedoman tentang tahap-tahap melaksanakan pekerjaan mulai dari tahap awal hingga tahap akhir.

Share:

0 komentar